Minggu, 30 Desember 2012

RESUME MATERI "BAB V"


TUGAS RESUME MATERI
                         ” BAB V “

Mata Kuliah : Penelitian Tindakan Kelas
Dosen Pengampu : Drs. Edy Siswanto, M.Pd


Oleh
KELOMPOK V :
    
                                               Lelly Triana                            (09141124) 
                                   Linda Kusuma                        (09141128) 
                                   Mita Febriana                         (09141143)
                                   Muchlis Hariadi  W.               (09141144)
                                   Muharram Surya P                 (09141147)
                                   Nurika Raket R.                     (09141155)
                                   Nurul Faida S                         (09141157)


FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
IKIP PGRI MADIUN
2012



BAB V
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Dalam penelitian formal, lapran merupakan persyaratan yang harus dipenuhi, lebih-lebih jika penelitian tersebut dilakukan berdasarkan satu unit tertentu atau pesanan dari satu lembaga seperti skripsi, tesis dan disertasi. Laporan penelitian merupakan satu dokumen untuk mendokumentasikan segala komponen penelitian, mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, manfaat penelitian, metodologi penelitian, analisis data, temuan dan diskusi, serta kesimpulan.
Dalam PTK , aktor utama adalah guru, laporan penelitian bermanfaat bagi guru dan sekolah. Laporan PTK bisa dibaca guru lain , sehingga hasil atau strategi perbaikan yang diterapkan dapat ditelaah dan dicoba. Disamping itu bisa meningkatkan kemampuan professional, penulisan laporan penelitian juga mempunyai manfaat praktis yaitu sebagai syarat untuk memenuhi angka kredit kenaikan pangkat. Dengan menulis laporan penelitian guru berlatih menjalankan fungsi yang sesungguhnya sebagai seorang peneliti.
Guru dapat membuat PTK sesuai dengan prosedur. Laporan harus mencakup semua tahap yang dilakukan guru dalam melaksanakan PTK, mulai dari munculnya masalah, menganalisisnya, merumuskan masalah, merencanakan perbaikan, melaksanakan perbaikan, observasi dan interpretasi serta analisis dan refleksi.
Selanjutnya bila guru sudah puas dalam melaksanakan siklus-siklus, langkah selatjutnya penyusunan laporan kegiatan. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menulis laporan penelitian harus sistematis, jelas, dan akurat.

Sistematika Laporan PTK
Bagian depan : halaman judul, halaman publikasi, halaman pengesahan, abstraksi, kata pengantar, daftar isi, daftar table (jika ada), daftar gambar (jika ada), daftar lampiran (jika ada).

Bab I : PENDAHULUAN
  A.    Latar Belakang Masalah
  Berisi alasan mengapa tertarik untuk mengkaji masalah tersebut, penyebab terjadinya masalah.
   B.    Identifikasi Masalah
  Dikemukakan masalah-masalah yang lebih spesifik, dan uraikan masalah tersebut.
  C.    Pembatasan Masalah
  Pilihlah masalah yang paling urgen/diprioritaskan untuk diteliti.
  D.    Rumusan Masalah
  Rumuskan masalah dengan kalimat tanya yang spesifik, jelas, dan operasional.
  E.     Tujuan Penelitian
  Kemukakan tujuan yang ingin dicapai.
  F.     Manfaat Hasil Penelitian
  Kemukakan manfaat hasil penelitian bagi : guru, siswa, sekolah,dll.



Bab II : KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS INDAKAN

  A.    Kajian Teori
  Tulislah teori-teori yang melandasi penelitian.
  B.    Kajian Hasil Penelitian Terdahulu
  Kemukakan hasil penelitian terdahulu yang pernah diteliti dengan masalah yang sama.
  C.    Kerangka Berfikir
  Kemukakan kerangka berpikir yang menjelaskan hubungan logis antara teori dan tindakan yang dilakukan.
  D.    Hipotesis Tindakan
  Kemukakan dugaan sementara yang dianggap baik dalam mengatasi masalah.

Bab III : METODE PENELITIAN
  A.    Obyek Tindakan
  Tuliskan fokus tindakan, jumlah siklus, dan tindakan setiap siklus.
  B.    Setting, Lokasi, dan Subyek Penelitian
  Sebutkan nama sekolah, alamat, kondisi, kelas berapa, jumlah siswa, kondisi dan karakteristik siswa, serta   alasan mengapa memilih kelas tersebut.
  C.    Metode Pengumpulan Data
  Instrumen apa saja, bentuk, kisi-kisinya dan prosedur dalam mengumpulkan data.
  D.    Metode Analisis Data
  Metode apa yang akan diguakan, dan kriteria/pedoman refleksi yang digunakan untuk pengambilan kesimpulan.

Bab IV : HASIL PENELITIAN
  A.    Gambaran Selintas Setting Penelitian
  Jelaskan apa saja yang terjadi saat tahapan tindakan dilakukan.
  B.    Uraian Secara Umum/Keseluruhan
  Rangkum keseluruhan yang terjadi selama siklus
  C.    Penjelasan Per Siklus
  Jelaskan secara rinci untuk setiap siklus.
  D.    Pembahasan dan Pengambilan Simpulan
  Lakukan diskusi untuk lebih mendalami apa yang diperoleh.

Bab V : SIMPULAN DAN SARAN
  A.    Simpulan
  Kemukakan poin-poin sesuai hasil pembahasan
  B.    Saran
  Kemukakan saran untuk pihak tertentu berkaitan dengan masalah.


Daftar Pustaka
Lampiran-lampiran

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes